ASIMO HONDA


(Artikel ini juga saya postingkan dalam blog saya yang berbahasa Inggris).
Siapa yang tak kenal dengan robot yang satu ini, robot keren buatan Honda. Namanya adalah ASIMO. Asimo adalah robot humanoid buatan Honda. Penampilan Asimo itu sendiri cenderung mirip seorang astronot yang sedang membawa ransel. Asimo berjalan dengan menggunakan dua kaki dengan kecepatan hingga 6km/jam (berlari). Menurut Honda itu sendiri, Asimo merupakan akronim dari "Advanced Step in Innovative Mobility". Keluaran terakhir Asimo yaitu pada tahun 2005 dengan spesifikasi:
Berat : 54 kg
Tinggi : 130 cm

Lebar : 45 cm
Tebal : 37 cm
Kecepatan Jalan : 2,7 km/jam dan 1,6 km/jam (dengan membawa beban 1 kg) Kecepatan Lari : 6 km/jam (lurus) dan 5 km/jam (memutar)
Baterai : Li-ion 51,8V / 6kg

Waktu Operasi terus-menerus : 40 menit -
1 jam (berjalan)
Derajat Kebebasan : 34 (3 di kepala, 7 di tiap lengan, 2 di tiap tangan, 1 di tubuh, 6 di tiap paha)
Fitur-fitur dalam sistem Asimo:
1. Pengenalan Obyek Bergerak
Melalui kamera yang terpasang di kepalanya, Asimo dapat menilai jarak dan arah atas gerakan beberapa obyek. Sehingga Asimo memiliki kemampuan untuk mengikuti gerak orang, dan menyapa jika seseorang itu mendekat.

2. Pengenalan Postur dan Gerak Memungkinkan Asimo untuk menafsirkan pergerakan tangan dan posisinya. Sehingga Asimo dapat berjabat tangan dengan orang lain dan dapat menanggapi lambaian tangan orang lain dan segera membalasnya.
3. Pengenalan Lingkungan Asimo dapat mengenali obyek dan lingkungan sekitarnya apakah itu membahayakan atau tidak bagi dirinya dan orang lain. Sehingga Asimo dapat berjalan di tangga menurun tanpa jatuh.
4. Membedakan Suara Asimo dapat membbedakan antara suara manusia dan suara lainnya. Sehingga Asimoa tahu jika dipanggil namanya oleh manusia dan juga jika ada obyek yang jatuh atau bertabrakan maka Asimo otomatis akan menoleh ke arah tersebut. Asimo juga dapat menjawab dengan gerakan singkat seperti menggelengkan dan menganggukkan kepala.
5. Pengenalan Wajah Dapat mengenali wajah manusia dalam keadaan diam ataupun bergerak. Dapat mengingat hingga 10 wajah.
Dikutip dari Wikipedia.

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post