Cara Membuat Buku Tamu di Blog

Kali ini saya akan share salah satu trik mengedit blogspot yang sudah banyak blogger tahu yaitu cara membuat buku tamu di blogspot. Buku tamu memiliki kegunaan yang sangat banyak pastinya. Dengan buku tamu kita bisa saling berkunjung ke blog-blog yang lain yang secara otomatis akan mendatangkan traffic buat kita juga nantinya. Banyak penyedia buku tamu yang sudah diraktekkan blogger di blognya. Dan yang paling terkenal adalah chatbox dan shout mix. Kali ini saya akan menjelaskan cara membuat buku tamu dari penyedia chatbox.

Caranya sangat gampang, Anda tinggal mengunjungi situs chatbox di www.cbox.ws dan kemudian Anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu di sana. Saya anggap Anda sudah mengetahui cara mendaftarnya. Setelah Anda mendaftar, Anda bisa masuk ke situs itu dengan memasukkan username dan password Anda. Setelah masuk, isilah akun detail Anda dan kemudian atur tampilan buku tamu sesuai dengan yang Anda inginkan dengan memilih menu Look & Feel. Di sana Anda bisa mengatur tampilan buku tamu, warna-warna yang Anda inginkan ataupun jenis huruf yang ingin ditampilkan.

Anda juga bisa mengganti smiley yang digunakan di dalam buku tamu, untuk lebih jelasnya Anda bisa menuju ke postingan Cara Menambah Emoticon di Buku Tamu. Setelah Anda selesai mengatur tampilannya langsung saja Anda ambil kode HTML-nya. Pilih menu Publish dan akan ada Step 1 sampai Step 4 di sana.

Step 1 = Pilihan penyedia blog Anda, contoh : Blogspot/Blogger
Step 2 = Pilihan tampilan buku tamu Anda apakah mau disematkan ke sidebar, pop-up atau yang lainnya
Step 3 = Pilihan untuk menyalin kode HTML buku tamu Anda
Step 4 = Pasang buku tamu di blog Anda

Setelah kode HTML-nya Anda salin, kemudian masuk ke akun blogger Anda dan masukkan kode tadi ke sidebar. Belum tahu cara pasang widget di blogspot? Silahkan menuju postingan Cara Memasang Widget di Blogspot.

Update 8 Januari 2012
Mau tahu bagaimana membuat buku tamunya melayang? Silahkan ke postingan ini.

6 Comments

  1. thanx broooo..kebetulan mampir. shootmix dah nggak free lagi

    ReplyDelete
  2. thanks gan...
    ini yang ane cari... soalnya bingung mw buat buku tamu
    thanks ya :)

    Kunjungi blog ane juga ya gan. thanks

    ReplyDelete
  3. like this pisan..!!

    mampir jg kesini ya (www.ucon-alfurqon.co.cc)

    ReplyDelete
  4. Saya coba terapkan gan, trims ya. Ditunggu kunjungannya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post