Kurangi Penggunaan Kertas Mulai Sekarang

Kurangi Penggunaan Kertas Mulai Sekarang - Kertas merupakan media penting bagi kita khususnya yang bekerja di pekantoran ataupun pelajar yang sedang belajar. Kita tahu bahwa bahan baku pembuat kertas adalah kayu. Kayu-kayu didapat dari hutan yang sangat berfungsi untuk kelangsungan bumi. Bagaimana jika seluruh pohon di dunia ini habis untuk pembuatan kertas? Dengan apakah bumi kita bernafas? Maka dari itu... Kurangi Penggunaan Kertas Dimulai Dari Sekarang.

Kita tidak perlu melakukan hal-hal yang ekstrem untuk mengurangi pengunaan kertas. Kita bisa memulainya dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Misalnya, kita pastinya sering mem-photocopy baik itu bahan sekolah ataupun pekerjaan. Kita bisa mengurangi penggunaan kertas dengan memaksimalkan jumlah kertas yang digunakan. Kita bisa membuatnya menjadi bolak-balik sehingga tidak ada halaman yang terbuang dengan percuma.

Selain itu juga kita bisa handphone ataupun zaman sekarang ini yang sudah terkenal dengan PC tablet sebagai media untuk menuliskan sesuatu yang harus kita kerjakan (to do list). Sehingga jika sudah selesai kita bisa menghapusnya dan membuat yang baru lagi. Jadi tidak perlu membuang kertas yang sudah terisi dengan coretan-coretan kita.

Cara yang lain juga mungkin kita bisa melakukan pendaur ulangan kertas yang sudah tidak terpakai lagi. Saya pernah membaca bagaimana cara mendaur ulang kertas bekas. Intinya kertas tersebut dihancurkan dan dicampur dengan lem sehingga menjadi bubur. Dan kemudian dicetak kembali menjadi kertas.

Masih banyak cara lain yang bisa kita tambahkan untuk mengurangi penggunaan kertas. Maka dari itu berhematlah dalam menggunakan kertas demi kelestarian hutan bumi kita.

12 Comments

  1. Dengan menghemat penggunaan kertas, sedikit banyak menghemat pengeluaran juga ya sob... mantaap Info nya ... :)

    ReplyDelete
  2. Ya..bingung juga kadang Brow, ada yang bilang untuk melestarikan alam jangan pergunakan kertas, disisi lain muncul trend paperbag, itu katanya dari bahan daur ulang Ya Gan ...?? kalau daur Ulang sih boleh aja, masalahnya kertas itu bahan bakunya dari kayu tahunan sich, untuk memanen butuh lima samapi sepuluh tahun, gawat kalau diterusin.Salam kenal Blogger TULUNGAGUNG KOTA MARMER

    ReplyDelete
  3. ayo berhemat kertas untuk menjaga kelestarian lingkungan

    ReplyDelete
  4. bener juga nih, bsok kalo dah kerja ane kurangin bang, hehe :D

    ReplyDelete
  5. setuju!!
    kalo nggak penting, nggak usah ngeprint.
    dan sekarang sudah banyak e-book gratis, jadi bisa didownload dan dibaca dari laptop :D

    ReplyDelete
  6. @windawulandari : yap. tambahan juga pas di ATM. Bisa memilih menu tidak mengeluarkan kertas struk :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post